On The Job Training di Malaysia

On The Job Training di Malaysia

 

On The Job Training (OTJT) biasa juga disebut dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk mengetahui bagaimana kehidupan di dunia pekerjaan sesungguhnya. Di sini saya akan menceritakan pengalaman OTJT yang saya alami ketika semester 2 di Malaysia. Saya berkuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, di STP Bogor untuk mahasiswa diwajibkan melaksanakan kegiatan OTJT atau PKL pada semester 2 untuk seluruh program studi, baik 1Y, D3, D4, S1. Semester 5 untuk program D3 dan D4, dan untuk Semester 7 program S1. Di STP Bogor kegiatan OTJT ini dilakukan 2 kali untuk program D3, D4, dan S1.

Pada semester 2, sekitar tahun 2016 awal saya melaksanakan kegiatan OTJT, saya bersama 15 teman saya berangkat menuju Malaysia untuk melaksanakan kegiatan OTJT. Kami di tempatkan di eCity Hotel Malaysia, tepatnya di daerah Selangor, yang berdekatan dengan Kuala Lumpur, ya bisa diibaratkan antara Jakarta-Bogor jika di Indonesia. Kami melaksanakan kegiatan OTJT dari tanggal 15 Februari 2016 hingga 14 Agustus 2016, tapi sebetulnya kami pada tanggal 7 Agustus sudah selesai untuk melaksanakan kegiatan OTJT nya, jadi ada sekitar waktu 1 minggu untuk berjalan-jalan di Malaysia. Mengapa kami bisa lebih cepat selesai dari waktu yang ada? Karena kami disana mendapatkan Public Holiday (PH), yang dimana jika kita masuk pada tanggal merah atau Public Holiday, kita digantikan dengan libur, dan juga disana kami mendapatkan uang saku atau allowance sebesar RM400, atau sekitar 1,2juta, selain itu jika kita Over Time, kita mendapatkan RM6,5 per jamnya. Untuk tempat tinggal kami disediakan Hostel atau bisa dibilang rumah tinggal yang disediakan oleh pihak Hotel tempat kami melaksanakan kegiatan OTJT, selain itu kami disediakan juga kendaraan antar jemput, karena jarak antara Hostel kami dengan Hotel cukup jauh.

On The Job Training di Malaysia

 

Saya ditempatkan di departemen Front Office dalam kegiatan OTJT ini, di Front Office ditempatkan di section Concierge dan juga Reception, dalam kegiatan OTJT ini banyak sekali pembelajaran yang saya bisa dapatkan seperti, saya bisa belajar tentang bahasa, budaya, karena di Indonesia dan di Malaysia bahasa dan budayanya cukup berbeda, yang pasti Bahasa Inggris sangat terpakai pada saat di Malaysia, jadi saya bisa meningkatkan lagi Bahasa Inggris saya, selain itu saya bisa lebih banyak mengenal berbagai macam tipe orang, baik dari sikap, perilaku, bahasa, dan lainnya. Apalagi di bagian Front Office, langsung berhubungan dengan tamu yang ada dan yang berkunjung ke Hotel.

Saya merasa puas dengan pengalaman OTJT pertama saya, dan untuk yang keduanya saya ingin mencoba lagi tantangan baru, saya berharap semoga OTJT kedua saya bisa dilaksanakan di luar negeri juga.

Jika kalian tertarik untuk OTJT di luar negeri kalian bisa mendaftar di kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor dan cek websitenya untuk info lebih lanjut yaitu www.stpbogor.ac.id

 

Penulis : Salman 5HM

On The Job Training di Malaysia

 

No comments yet

leave a comment

*

*

*