Outdoor Activity : Perbedaan Antara Hiking dengan Tracking

Outdoor Activity : Perbedaan Antara Hiking dengan Tracking

  • Hiking

Perkataan Hiking Berasal Dari kata kerja To Hike,yang berarti berjalan kaki atau berbaris jauh untuk tujuan kesenangan atau latihan (gerak badan). Kalau kita pegang arti dari perkataan To Hike tersebut, maka banyak jenis olahraga jalan kaki yang termasuk Hiking.Tetapi kenyataanya HikingĀ  adalah suatu kegiatan outdoor dimana pelakunya melakukan aktivitas berjalan Kaki yang mengandung unsur permainan, petualangan dan romantika kehidupan, bukan hanya sekedar berjalan kaki biasa.

Namun istilah Hiking sekarang menimbulkan perkembangan yang Ganjil, Sebab arti berjalan kaki akhirnya tidak dapat dipertahankan lagi, sebab dalam Hiking, Seorang Hiker boleh menggunakan Alat yang dapat Membantu perjalanannya, Seperti Sepeda, Kuda, Perahu, Maupun dengan cara ikut numpang (liften) kendaraan bermotor secara beranting. Oleh karena itu Hiking Lebih Tepat disebut perjalanan penjelajahan dan bukan berjalan kaki atau berbaris menempuh jarak yang jauh, Seperti arti kata asal. Hiking Intinya Adalah Sebagai Kegiatan Rekreatif dan olahraga. Biasanya tempat yang di tuju adalah lokasi yang memiliki panorama indah, dengan jalur yang sudah dibuat.

 

 

Outdoor Activity : Perbedaan Antara Hiking dengan Tracking

 

  • Treckking/Tracking

Merupakan Perjalanan Panjang yang dilakukan dengan Berjalan kaki di daerah yang biasanya tidak ada sarana Transportasi yang tersedia disana, pada Jalur yang belum dipetakan, Serta di lingkungan yang menantang, Mungkin Berbukit atau Pegunungan

 

Sekilas seperti sama saja ya…?

Outdoor Activity Perbedaan Antara Hiking dengan Tracking
Outdoor Activity Perbedaan Antara Hiking dengan Tracking

Apa Perbedaan Dari Keduanya…?

Berikut ini perbedaannya…

 

  • Lokasi

Lokasi Tujuan hiking biasanya sudah memiliki jalur yang sudah dibuat sebelumnya dan sudah terpetakan, bahkan dibeberapa spot sudah dibangun papan penunjuk, sehingga memudahkan pelakunya, Sementara Treckking dilakukan di daerah yang Sarana Transportasinya masih belum ada/jarang di temukan kecuali di Daerahnya (Transportasi).

Contoh : di daerah Pegunungan yang memiliki Hutan Belantara juga Hanya Mengandalkan Kekayaan Alam yang ada Disana…, Sehingga Pandangan Kita Menjadi Terbatas dan Dapat Kita Jadikan Sebagai Pelajaran Dari Tadabur alam.

  • Waktu

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan Hiking tidak Terlalu lama bisa tercapai dalam sehari, Sementara Trekking Membutuhkan Waktu yang Relatif Lama, Berhari-hari bahkan bisa berminggu-minggu saat melakukan perjalanan. Lamanya Waktu dalam Treckking di karenakan jalurnya yang Panjang maupun Pemecahan dalam Menghadapi Bentuk Topografi Medannya.

  • Jarak Tempuh

Jarak Tempuh Hiking Singkat, Sementara Treckking jarak tempuhnya Sangat Panjang/Relatif Lama.

 

Call our marketing
Edo : 089635970940
Jl. Ir. H. Juanda No. 8 Bogor
Phone : +62 251 8330153 / Ext : 58
Email : outboundsalak01@yahoo.com
Web : www.beeoutbound.com

 

 

Outdoor Activity : Perbedaan Antara Hiking dengan Tracking

No comments yet

leave a comment

*

*

*