Pelatihan Hospitality demi Revolusi Mental

Pelatihan Hospitality demi Revolusi Mental

Pelatihan Hospitality demi Revolusi Mental

Pada zaman pemerintahan Presiden Republik Indonesia  Ir. Joko Widodo, hospitality menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Apalagi ketika Bapak Presiden mencanangkan program yang akan sangat berdampak baik kepada perkembangan negara kita, yaitu revolusi mental.

Kenapa Bapak presiden mencanangkan program revolusi mental? Mungkin banyak dari masyarakat yang mempunyai mental yang kurang baik ketika bekerja. Yaitu mental yang tidak ingin memberikan yang terbaik ketika bekerja dan mental yang tidak memberikan pelayanan yang prima ketika bekerja.

Pelatihan Hospitality demi Revolusi Mental

Kita ambil contoh. Di beberapa lembaga pemerintahan, masih banyak birokrasi yang berbelit-belit dan menyusahkan warga masyarakat, sehingga banyak warga yang protes dan mengkritisi sistem yang ada pada lembaga tersebut. Hal tersebut merupakan mental yang kurang baik. Seharusnya, lembaga pemerintahan tersebut membuat cara yang nyaman, tidak berbelit-belit, dan membuat warga merasakan pelayanan yang betul-betul membuat mereka puas. Untuk membuat pelayanan yang memuaskan tersebut, diperlukan ilmu-ilmu hospitality atau keramahtamahan.

Pelatihan Hospitality demi Revolusi Mental
Pelatihan Hospitality demi Revolusi Mental

Karena dengan ilmu keramahtamahan maka akan ada standar-standar apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan, yang mana semuanya bertujuan untuk memuaskan pelanggan atau konsumen, yang disini sebagai warga masyarakat.

Hal ini yang membuat saya sangat yakin bahwa hospitality dan revolusi mental adalah dua sisi dari suatu koin. Karena dari definisinya, hospitality merupakan semacam keahlian mengelola keramahtamahan atau berkomunikasi secara adab kepada orang yang sudah dikenal, maupun yang belum dikenal, dengan tujuan menimbulkan rasa nyaman lawan bicara, memperkokoh, dan menciptakan networking yang pada akhirnya adalah memberikan dampak manfaat ekonomi untuk semua pihak.  Oleh karena itu, dengan diterapkannya hospitality dalam revolusi mental, maka akan tercipta dampak yang baik pula di semua bidang terutama perekonomian negara.

Pelatihan Hospitality demi Revolusi Mental

Tentu kita ingin mimpi itu terwujud, dimana dengan hospitality, revolusi mental dapat berhasil. Tidak ada pelayanan yang pilih kasih lagi, tidak ada pelayanan yang lambat lagi, tidak ada acuh tak acuh di dalam pelayanan lagi, dan berbagai pelayanan yang buruk lainnya. Perubahan mental itu yang harus di revolusi. Salah satunya dengan cara menerapkan hospitality di dalam management tersebut dan peningkatan kualitas pelayanan.

Apabila program hospitality dan revolusi mental ini berhasil, tentu bukanlah mimpi bagi Indonesia untuk dapat menjadi macan asia kembali, bahkan dunia. Singapura dan Swiss telah membuktikannya. Kedua Negara tersebut telah menggunakan ilmu hospitality dalam menggerakan pertumbuhan ekonominya yang sangat luar biasa.

Pelatihan Hospitality demi Revolusi Mental
Pelatihan Hospitality demi Revolusi Mental

Untuk mewujudkannya tentu harus ada semacam pelatihan ke semua lapisan masyarakat tentang hospitality tersebut. Salah satu pusat pelatihan yang berpengalaman di bidang hospitality adalah Training and Research Center – BHI Hospitality School (TRC-BHI). Sebuah pusat pelatihan dan konsultan di bidang penyelenggaraan pelatihan hospitality. Pelatihannya pun beragam, dari basic hospitality, handling complaint, work ethic, food and beverage service, dan berbagai pelatihan di bidang keramahtmahan lainnya.

Untuk Informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi websitenya disini. Atau bisa datang langsung ke officenya di STP-Bogor di Jl. Curug Mekar No 17 Yasmin Bogor. Untuk telponnya (0751) 753343, dan contact personnya : Bapak Rahmat wa nya 081394408254.

No comments yet

leave a comment

*

*

*