5 sop buntut yang wajib dicoba

5 sop buntut yang wajib dicoba

Sop buntut makanan yang populer di Indonesia. Coba saja tengok menu restoran Indonesia di mal atau hotel, banyak yang mencantumkan sop buntut. Menurut Bondan Winarno dalam tulisannya di detik food, sop buntut adalah makanan peranakan Indonesia-Belanda. Sop buntut adalah makanan berkuah kaldu yang berisi potongan buntut sapi, wortel, kentang dan tomat.

 

Berikut lima tempat makan sop buntut yang patut Anda coba.

 

  1. Sop buntut Hotel Salak The Heritage

 

Inilah sop buntut legendaris. Kanari Cafe yang terletak di Hotel Salak The Heritage selalu didatangi pengunjung karena sop buntutnya.

 

Daging buntut di Kanari Cafe besar dan empuk, dihidangkan bersama nasi hangat dengan kuah kaldu yang meresap. Plus taburan emping di atasnya.

 

Saat ini, sop buntut ini tak hanya bisa dinikmati di Hotel Salak The Heritage saja, tapi juga di Salak Tower Hotel. Selain sop buntut, ada juga hidangan lain seperti Nasi Bakar Mozarella, Chicken Cordon Bleu, dan Roasted Chicken.

 

  1. Sop buntut Dahapati

 

Menurut pakar kuliner Bondan Winarno sop buntut Dahapati salah satu sop buntut terbaik. Letaknya di Bandung, di jalan Cipaganti, persis di seberang SPBU Cipaganti.

 

Kaldu sop buntut ini tebal. Aroma dan citarasa pala cukup menonjol. Segar dan gurih. Daging buntutnya sangat empuk.

 

Di tempat ini ada tiga rumah tua yang masih terawat apik. Salah satunya bernama Dahapati. Ketiga rumah ini milik pangeran dari Siam yang mengungsi ke Bandung sekitar tahun 1930-an ketika terjadi kudeta di Thailand.

5 sop buntut yang wajib dicoba

Sejatinya, Nova melansir, rumah makan ini sudah beroperasi sejak 1974. Ketika itu Kraba Nil Wongse yang warga negara Thailand memiliki usaha warung di samping rumah ini. Kini warungnya diwariskan ke putrinya Malia D.

 

“Mami memang suka masak, waktu itu menu yang dijual gado-gado, soto ayam dan ayam goreng,” kata Rosye Iskandar yang bertanggung jawab atas operasional Dapur Dahapati. Sekitar tahun 1996 ditambahkan menu sop buntut.

 

  1. Sop buntut Ibu Samino

 

Situs kuliner, Qraved merekomendasikan tempat ini: Sop buntut Ibu Samino. Sop buntut ini dikenal sejak tahun 1973 di daerah Senayan dan saat ini sudah ada beberapa cabang. Ciri khasnya kuah bening, daging yang empuk dan cita rasa gurih dengan bumbu-bumbu rempah.

 

Kompas menulis, sop buntut bakarnya juga enak, agak sedikit manis dengan bumbu yang meresap ke daging. Kuahnya juga enak.

 

  1. Sop buntut Cut Meutia

 

Sop buntut ini terkenal di kalangan penggemar kuliner. Mereka menyebutnya Sop buntut Cut Meutia, karena letaknya berdekatan dengan masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat. Padahal nama sebenarnya adalah Sop Buntut Semoga (Hj, Nurjanah).

 

Sop buntut ini tergolong sop buntut legendaris. Kelezatannya sudah terasa sejak tahun 1970-an. “Sop buntutnya merah, itu ciri khas tersendiri,” kata Ruslan, pemilik warung dikutip Kompas.

 

  1. Sop buntut Bu Leman

 

Kelezatan sop buntut Bu Leman memikat banyak orang. Termasuk pejabat dan artis. Satu pelanggan setia adalah mantan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo. Tiap kali ke Pekalongan dia pasti menyempatkan datang.

 

Pemilik Rumah Makan Bu Leman, H Sulaiman mengelola tempat ini sejak 1985 bersama istrinya Mina Fitri. “Tenpat saya beberapa kali kedatangan artis dan pejabat, mereka tertarik untuk menikmati menu andalan di sini yakni sop buntut,” kata Sulaiman dikutip Radar Pekalongan. Artis yang pernah mencicipi sop buntut Bu Leman di antaranya, Ivan Gunawan dan Ruben Onshu.

 

Sop buntut sohor Bu Leman berlokasi di Jalan Wahidin 91 D, Pekalongan, Jawa Tengah, seperti dilansir Dreams.Tempatnya cukup strategis berada di tengah kota menuju ruas jalan Pantura. Tempat makan ini terbagi dua lantai. Melayani pengunjung mulai dari jam 9 pagi hingga 6 sore.

Hotel Salak The Heritage

 

Alamat                 : Jl. Ir. H. Juanda no 8 Bogor 16121

Ph                                     : 0251 8373111

Fax                       : 0251 8374111

Email                    : marketing@hotelsalak.co.id

Website    : www.hotelsalak.co.id

 

 

5 sop buntut yang wajib dicoba

No comments yet

leave a comment

*

*

*